Cibubur.Com
Piknik Edukatif Pita Kuning: Pentingnya Pendampingan Psikososial untuk Anak Dengan Kanker

Piknik Edukatif Pita Kuning: Pentingnya Pendampingan Psikososial untuk Anak Dengan Kanker

24 Dec 2023

           

Jakarta, 22 Desember 2023 – Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia (Pita Kuning) adakan piknik edukatif di Trans Studio Cibubur untuk penuhi kebutuhan psikologis dan edukasi anak pejuang kanker dari keluarga prasejahtera di area Jabodetabek.

Pita Kuning merupakan yayasan filantropi yang memiliki visi meningkatkan kualitas hidup anak dengan kanker dari keluarga prasejahtera di Indonesia. Sejak 2007, organisasi yang didirikan oleh Pandji Pragiwaksono dan Steny Agustaf ini, telah mendukung sedikitnya 8.000 anak kanker melalui layanan psikososial. Saat ini, Pita Kuning terus menjalankan misinya dengan sistem yang diperbaharui sejak 2016, yakni pendampingan secara holistik dan keanggotaan. Terdapat 37 Anak Pita Kuning (APK atau anak kanker dampingan) dari 4 wilayah di Indonesia yaitu Jabodetabek, Jogja, Bali, dan Medan yang sedang ditangani Pita Kuning hingga penghujung tahun 2023.  

Dalam kasus kanker pada anak, pendampingan psikososial memiliki peran yang sama pentingnya dengan perawatan medis. Pendampingan psikososial dibutuhkan untuk membangun semangat juang anak melawan penyakitnya seperti program piknik edukatif yang baru saja dilaksanakan Pita Kuning Jakarta di Trans Studio Cibubur. Sebanyak 20 anak beserta keluarga, yang dibagi menjadi 4 kelompok usia, bermain dan belajar di arena permainan didampingi oleh tim Pita Kuning. Dimulai dengan mengikuti eksperimen sains dari Profesor Neo, mengunjungi science center, hingga bermain Jurassic World bagi kelompok dengan rentang usia 12-15 tahun.

Disampaikan oleh Raka Eka Pramudito, selaku Ketua Pita Kuning, kegiatan ini diselenggarakan sebagai wujud pemenuhan kebutuhan psikologis anak di sela-sela menjalani perawatan dan protokol kesehatan. Anak-anak dapat merasakan pengalaman seperti anak-anak lainnya yang bermain dan berinteraksi dengan teman seperjuangannya. Sehingga kegiatan ini menjadi penguat juga bagi anak-anak bahwa anak-anak tidaklah sendiri dalam melawan kankernya.  

Selain anak-anak, melalui kegiatan ini para orang tua pun juga turut mendapat sesi bercengkrama dan menguatkan satu sama lain. “Terima kasih udah buat Riani senang. Berkah selalu Pita Kuning. Makasih buat emak-emak hebat. Terima kasih udah bisa bercanda tertawa lepas. Sehat semuanya,” ucap Mama Nursilah, orang tua dari Riani, salah satu anak Pita Kuning pejuang kanker leukimia. Piknik edukatif menjadi momen membahagiakan bagi para anak dan orang tua serta menjadi pengingat bahwa dibutuhkan aksi baik bersama untuk menghadapi kanker pada anak. #LetsDoGoodTogether


dibagikan oleh :

Jerico

Komentar Member

belum ada komentar dari member lain.